"Muhammad"

"Muhammad" karya Prof. Quraish Shihab

Puasa #15

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Seandainya aku mendapati kedua orangtuaku atau salah seorang dari mereka memanggilku: “Wahai Muhammad,” sedang saat itu aku dalam keadaan salat Isya dan telah membaca al-Fatihah, niscaya aku menjawab: “Kuperkenankan panggilanmu.” (HR. al-Baihaqy).

Prof. Quraish Shihab menjelaskan, kendati hadis itu oleh sementara ulama dinilai lemah, tapi maknanya tidak lemah. Bahwa ada situasi, di mana kebutuhan makhluk harus dipenuhi terlebih dahulu, sebelum menyambut panggilan Tuhan. Sebab Allah Mahakaya, jelas tak membutuhkan makhluk. Itulah pula, kenapa Allah mendahulukan anak yatim dan orang yang minta-minta (bisa dicek dalam surat Ad-Dhuha).

Diriwayatkan lagi, tatkala Nabi Saw. bersama beberapa sahabat melewati lokasi makam ibu beliau, beliau menziarahinya, memperbaiki, dan menangis. “Aku disentuh oleh rahmat ibuku, maka aku menangis.” jawab beliau ketika sahabat bertanya kenapa menangis.   

Di lain kisah, beliau juga kerap mempercepat salat tatkala ada anak menangis, khawatir sang anak gelisah mencari ibunya. Juga, ketika ada pemuda yang bersemangat hendak turut berjuang bersama Nabi Saw., (dalam HR Bukhari dan Muslim) beliau bertanya, “Adakah seseorang dari ibu atau ayahmu yang masih hidup?

Keduanya masih hidup, Wahai Nabi!” 

Apakah engkau menginginkan ganjaran Ilahi?

Tentu, Ya Nabi.”

Kembalilah kepada Ibu Bapakmu dan berbaktilah kepada mereka!

Begitulah, betapa kehadiran orangtua teramat sentral dalam Islam. Dan, Nabi Saw. merasakan betul betapa kasih kedua orangtua itu menjadi dambaan anak. Beliau, sejak Aminah meninggal, Abdul Muththalib yang mengasuh dan menggantikan kasih sayang ibu dan ayah. Selain Abdul Muththalib, juga terdapat Ummu Aiman yang turut mengasuh Nabi Saw.

Sampai-sampai Ummu Aiman ini tidak pernah dilupakan Nabi Saw. Sosoknya, selain turut mengisi kekosongan kasih sayang orangtua, juga mengingatkan Nabi Saw. kepada ayah beliau, Abdullah. Ummu Aiman merupakan hamba sahaya Abdullah. Ummu Aimanlah yang turut menemani perjalanan Aminah dan bocah kecil Muhammad Saw. ke Yatsrib untuk berziarah ke makam Abdullah. Mereka bertolak dari Makkah dan akan menempuh perjalanan sejauh 400 km.  

Lagi-lagi Ummu Aiman yang menemani Muhammad Saw. kembali ke Makkah, karena dalam perjalanan dari Madinah, Aminah mengembuskan napas terakhir. Aminah dimakamkan di sebuah desa sekitar 37 km dari Madinah.

Beliau mengenang Ummu Aiman dalam sabdanya, “Dia ibuku setelah ibuku.” Dan, Ummu Aiman pun dimerdekakan Nabi Saw. setelah beliau menikah dengan Khadijah. Kemudian Ummu Aiman dinikahkan dengan Zaid ibn Haritsah, lahir Usamah ibn Zaid. Usamah merupakan anak yang sangat disayangi Nabi Saw. selain Hasan dan Husein, di mana ketiga anak tersebut kurang lebih sebaya.

Kenangan pun berlanjut, yakni kebersamaan beliau dengan Abdul Muththalib tak berlangsung lama. Abdul Muthathalib meninggal dalam usia 80 tahun, sementara Nabi Saw. masih dalam usia delapan tahun. Kemudian, sepenuhnya Nabi Saw. dalam pengasuhan pamannya, Abu Thalib. 

Abu Thalib pun dengan sepenuh hati menyayangi Muhammad Saw. Kehadiran bocah itu telah membangkitkan ingatan Abu Thalib kepada saudara kandungnya, “Alangkah miripnya Muhammad dengan ayahnya, Abdullah.”

Ya, Abu Thalib sebetulnya hanya hidup berkecukupan, dengan anak yang banyak, tapi tetap bisa, bahkan teramat menyayangi Muhammad Saw. Pembelaan Abu Thalib kepada Muhammad Saw. tidak tanggung-tanggung. Sepenuh jiwa demi sang kemenakan. 

Dan, Muhammad kecil, sang bocah yatim piatu itu, yang sedari kecil telah menunjukkan kemuliaan budi, mengerti betul bagaimana membantu kesulitan sang paman. Beliau suka mengalah dan pemalu. Namun, beliau memiliki kecerdasan lebih, bahkan sangat menonjol dibanding anak-anak sebayanya. Sungguh, kecerdasan Muhammad Saw. sudah tampak sedari kecil.     

Ya, bocah cerdas yang oleh Abdul Muththalib dinamai Muhammad. Sang kakek, Ketika ditanya kenapa nama anak Abdullah itu “Muhammad”, Abdul Muththalib menjawab, “Aku mengharap dia terpuji berkali-kali di langit dan di bumi.”

Lebih jauh, dalam buku Membaca Sirah Nabi Muhammad, Prof. Quraish Shihab menjelaskan bahwa kata Muhammad itu memang berarti “terpuji berkali-kali.” Tapi kata “Muhammad” itu sendiri, pada saat itu telah menjadi nama yang didamba banyak orangtua di Makkah. 

Nama dan makna Ahmad/Muhammad telah dikenal dan tercantum dalam kitab-kitab suci agama-agama besar, seperti di ajaran Brahmanisme, Majusi, Yahudi dan Nasrani. Oleh karenanya, wajar bahwa sebagian orangtua telah menamakan anak-anak mereka “Muhammad”.  Paling tidak ada 20 orang yang bernama Muhammad sebelum Muhammad saw. 

Artinya, nama “Muhammad” sudah tenar diperbincangkan bakal nabi yang ditunggu. Sudah sekian banyak orang yang mengharap anak atau cucunya yang diutus Tuhan. Karena berita kehadiran nabi baru telah tersiar luas di kalangan Hijaz, dan terutama kalangan Ahlul Kitab. 

Tapi apakah memang Abdul Muththalib menamai cucunya itu karena berita itu? Apakah Aminah menamai anaknya karena berharap anaknyalah yang dipilih Tuhan? Jawabannya bisa “ya”, bisa “tidak”, tapi yang jelas memang akhirnya Muhammad putra Abdullah yang terutus menjadi nabi akhir zaman.

Demikianlah, Wa Allah A’lam.

Ungaran, 17/04/2022 

Baca juga: Harus Fair

Post a Comment

0 Comments